Kumpulan Artikel tentang Burung Kenari

10/25/2012
Dari hasil Copy paste, ceritannya  lagi belajar, ada rencana mau ternak,
Cara Ternak
Tips ternak kenari bagi pemula


Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.
Adapun cirinya yaitu :
1.   Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik.
2.   Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.
3.  Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal.
4.  Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge roll.


Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.


Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini
sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses  penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka
langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :
Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll, Dijemur setiap pagi. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.


Proses Ternak.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :
pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda  minta kawin.
Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu…………..


Dicopy dari : Burungkenariku.wordpress.com


Tips ternak kenari bagi pemula (lanjutan)

Setelah masa penjodohan berjalan dengan baik dimana induk jantan dan betina sudah terlihat akur kadang-kadang saling meloloh, proses selanjutnya yaitu mengkondisikan agar indukan bisa bertelor dan merawat anak dengan baik. Tidak lama setelah indukan di masukkan kedalam kandang ternak kenari betina akan bertelor, pada saat indukan kenari bertelor harus kita perhatikan beberapa hal diantaranya jika indukan kenari betina baru pertama kali bertelor harus hati-hati dalam penangannya. Jika salah dalam penangan bisa berakibat patal. Kita sebagai peternak jangan terlalu sering menengok sangkar ternak terutama pada saat induk betina sedang mendekam di sarang jangan sekali-kali memaksa melihat telor.  Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong  atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Telor kenari akan menetas 14 hari setelah dierami, dua atau tiga hari menjelang telor menetas indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari.  Makanan lunak ini yaitu biskuit, telor puyuh, taoge dll. Menurut informasi dari internet peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.

Adapun cara membuat kecambah yaitu pakan bijian seperti canary seed, millet putih, biji sawi di masukkan ke mangkuk kemudian dicuci sampai bersih. Setelah pakan dicuci bersih kemudian buang air dari mangkuk, jika air sudah terbuang semua mangkuk yang berisi pakan yang sudah dicuci bersih ditutup dengan kain basah. Diamkan sampai 1 malam periksa pakan apakah biji kenari, millet dan buah sawi sudah menjadi kecambah atau belum, jika belum cuci
bijian tersebut kemudian ditutup kembali dengan kain basah.

Kecambah diberikan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemberian kecambah pada sore hari jangan terlalu banyak cukup habis dimakan 1 atau 2 jam jangan sampai ada kecambah yang tertinggal semalaman karena takutnya malah menjadi bibit penyakit.

Selain diberi kecambah jangan lupa setiap hari diberi telor puyuh secukupnya, kalau telor cukup sehari 1 kali. Telor puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telor puyuh diberikan sampai anak-anak kenari usia 2 bulan. Untuk usia 2 bulan keatas telor puyuh dikurangi, efek pemberian telor puyuh menjadi anak kenari gendut-genduk. Pada usia 3 bulan keatas kenari diharapkan jangan terlalu gendut karena biasanya kalau kegendutan akibatnya malas bunyi.

Anak kenari akan tingal di sarang selama 21 hari, tetapi sebelum usia 21 hari anak-anak sudah bertengger di bibir sarang…..

Kendala-kendala dalam beternak kenari.

Beternak kenari merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan, peternak diharapkan sabar dalam menjalani setiap proses yang dilalui. Dalam setiap proses ada beberapa hambatan yang cukup mengganggu, peternak harus bisa memecahkan setiap kendala. Banyak hambatan yang anda hadapi diantaranya :
Induk betina tidak mau bertelor penyebabnya bisa bermacam-macam di antaranya usia masih muda, tempat sarang kurang nyaman bagi induk kenari, ada binatang pengganggu.
Telor tidak menetas penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu indukan terlalu muda, birahi kedua indukan tidak bersamaan, indukannya steril, pada saat kawin tidak terjadi pembuahan dll.
Telor menetas tetapi anaknya mati setelah menetas penyebabnya yaitu indukan kurang gizi, ada binatang pengganggu sehingga induknya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya tergencet.
Ada kebiasaan induk mencabuti bulu muda anaknya penyebabnya karena induknya sudah merasakan enaknya bulu muda dari anaknya, untuk menghilangkan kebiasaan ini cukup sulit pendapat saya lebih baik indukan diganti.

Seperti sekian dulu artikel ini kalau kebanyak nanti cape baca insya Allah nanti akan saya lanjutkan lagi.


Dicopy dari : burungkenariku.wordpress.com

Tips mempercepat proses kawin burung kenari
21 APRIL 2010 OLEH OM KICAU  144 KOMENTAR

Anda sedang menangkarkan kenari? Kesulitan dalam proses perkawinannya? Atau tidak juga mau kawin meski jantan betina sudah sama-sama terlihat birahi? Jangan bingung, nih ada beberapa tips untuk Anda yang Om Kicau serap dari sejumlah penangkaran burung, terutama penangkaran Mas Kuwat di kawasan Klewer Sukoharjo.

Syaratnya utamanya mudah, yakni selain kita punya kenari jantan yang siap kelamin dan akan kita jadikan pejantan, kita juga harus punya kenari jantan lainnya yang juga sudah gacor.

Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari

1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.

2. Ketika kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin (kloaka terlihat bengkak memerah) dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.

3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.

4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.

5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera “naik” ke atas betina dan terjadilah perkawinan.

6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.

7. Setelah poin 6 terlampaui, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.

8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya.

Tips dan info lain:

1. Jika kita mengawinkan kenari jantan dan betina pada pagi hari, maka setelah sekitar 6 jam atau sore harinya, si jantan bisa untuk mengawini kenari betina yang lain, dengan proses sama dengan tips yang saya sebutkan di atas.

2. Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor kenari tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja untuk melihat profil Bird Mature).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

3. Jika burung-burung kenari anakan kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral. (klik saja untuk melihat profil Bird Mineral)

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

4. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar kenari yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

cara sederhana ternak kenari
Cara Ternak Kenari lanjutan, tahap ke tiga dalam cara ternak kenari lanjutan adalah proses penjodohan, nah monggo di simak : artikel ini adalah lanjutan dari cara ternak kenari yang pertama, nah untuk

 tahap ke tiga cara ternak kenari penjodohan kenari :
tahap ke empat dalam cara ternak kenari adalah cara ternaknya

dalam thap ke emapt dalam cara ternak kenari ini adalah tinggal nungu si betina bertelur (karena tadi udah di kawin ma pejantanya), nah hal hal yang perlu adnda perhatikan adalah sarangnya jika sarangnya kotor ya harus di bersihkan, kemudian rutin periksa pakan, nah cukup segitu saja semoga bermanfaat
dalam tahap proses  penjodohan akan di butuhkan sepasang kenari yaitu jantan dan betina saat Proses penjodohan yaitu saat kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. jika kenari jantan kira kira ngoceh trus dan seakan akan mau melabrak si betina dan si betinanya pun mengleper ngelperkan sayapnya pertanda jika kenari tersebut jodoh, dan bisa di campur dalam satu kandang nah untuk catatan saja JANGAN LANGSUNG DI CAMPUR DALAM SATU KANDANG KENARI JANTAN DAN BETINANNYA, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya.


Untung Rugi Ternak Kenari Lokal VS Import
Posted by denirosdiana on 23 Mei 2012
Posted in: Kenari. 45 komentar
Keberagaman burung kenari  begitu banyak baik  karena perbedaan warna, bentuk maupun perbedaan jenis karena suaranya. Tidak ada satu jenis burungpun yang memiliki varian begitu banyak seperti kenari, inilah sesungguhnya salah satu daya tarik dari burung kenari. Semua jenis kenari -kenari itu  sesungguhnya  import, akan tetapi karena sudah lama dikembangbiakan di negeri ini sebagian besar hobiis menganggap burung tersebut asli tanah air. Sedangkan istilah kenari import yang dipahami oleh hobiis adalah kenari-kenari yang menetas dan dibesarkan di negeri asalnya.


Kenari Lokal

Yorkshire (YS) Ring DKB-Jerman
Kenari-kenari import yang kemudian dikembangkan di tanah air ini seolah mengalami penurunan kualitas dalam hal ukuran dan variant, terutama  untuk kenari-kenari yang memasuki generasi tujuh turunan…..he he he.  Tersangka utama dari menurunnya kualitas ananakan tersebut bisa disebabkan karena faktor pola rawat dan pakan. Tentu saja itu hanyalah prediksi semata, sebab untuk mengetahui secara akurat haruslah diadakan penelitian secara serius.   Tidaklah mengherankan jika harga kenari-kenari import itu tetap berharga lebih mahal dibanding kenari-kenari yang berKTP lokal. Mahalnya kenari-kenari import itu bagi sebagian hobiis berkantong tipis cukup hanya menelan ludah saja dan harus puas dengan berburu anakan pertamanya atau yang disebut F1 atau generasi keduanya yang disebut F2. Mengenai katagori F1, F2, F3  dan sseterusnya akan dibahas pada kesempatan lain.

Lalu bagaimana langkah kita sebagai peternak ?  Hmmmm…..benar-benar peluang menggiurkan. Coba bayangkan seekor anakan kenari import yang dagingnya hanya seukuran jempol harganya amat sangat berlipat dibanding seekor kambing dewasa. Jika sekali panen anakan berjumlah 2 ekor saja, harganya bisa melampoi seekor sapi dewasa.
Karena bertenak tidak melulu urusan hoby, melainkan harus mempertimbangkan break even pointnya agar energi selama beternak berimbang  dengan nilai ekonomi dari beternak itu sendiri. Mari kita coba bandingkan keuntungan dan kerugiannya. Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah pendanaan tentunya.
Asumsi

Kenari lokal
Indukan Jantan gacor  = Rp 350.000, sedangkan indukan betina siap ternak = Rp 200.000

Untuk menebus sepasang indukan membutuhkan dana  Rp. 550.000
Jika saja sepasang indukan ini menghasilkan anakan sebanyak 3 ekor, anggap saja semua anakan jantan semua. Usia 2-3 bulan  kita jual Rp. 250.000. Maka sekali periode,  kita akan panen sebesar Rp. 750.000. Prosentase keuntungannya kurang lebih  45 %.

Kenari Import

Sy ambil contoh kenari Import Yorshire, karena ini paling populer di kalangan hobiis kenari.
Yoskshire Jantan Gacor  = Rp. 5000.000, sedangkan betina siap ternak = Rp 4000.000.
Sehingga kita membutuhkan dana sebsesar 9 jt untuk menebus sepasang calon indukan ini.
Jika sepasang indukan ini menghasilkan anakan 3 ekor dan anggap semuanya jantan dan setelah usai 2-3 bulan kita jual Rp. 4000.000, maka sekali periode  kita akan mendapatkan nilai panen sebesar 12 jt…..uang semua lho itu…he he he…..hmmmm menggiurkan sekali bukan ? Prosentase keuntungannya 33%.

Tinggal pilih dech, mau ternak Kenari lokal atau Import ?
Mari kita coba bandingkan dari kedua jenis ini.
1. Nilai Ekonomi
Pada jenis lokal hanya butuh dana sebesar Rp.550.000 sedangkan pada kenari import YS butuh dana sebesar Rp.9000.000.
Jika saja dana Rp.9000.000  itu kita alihkan untuk membeli indukan lokal, maka akan didapat sebanyak kurang lebih 16 pasangan indukan siap tangkar. Jika 16 pasang ini masing-masing menghasilkan anakan 3 ekor, maka panen anakan akan diperoleh sebanyak  48 ekor. Anda sudah mendapatkan panen sebesar 12 juta.  Nilai nominal dari kedua jenis ini kurang lebih sama.

2. Faktor Resiko
a. Kenari Lokal

Perawatannya lebih mudah, tidak perlu pengkondisian istimewa
Peluang hidup lebih tinggi, jika ada kematian pada beberapa ekor tentu tidak menghabis semua indukan
Menjualnya lebih mudah
Perlu tempat lebih luas
Mungkin juga perlu pembantu karena pekerjaannya lebih banyak
b. Kenari Import Yoakshire
Perawatannya lebih sulit, perlu pengkondisian istimewa
Peluang hidup lebih kecil karena perlu adaftasi dengan ligkungan setempat. Jika ada kematian pada indukan, maka kerugiannya lebih besar
Perlu kesabaran untuk memasarkannya.
Hanya butuh tempat kecil saja
Lebih efesien dari sisi tenagaOpini yang berkembang saat ini, Kenari Yorkshire ternakan lokal memiliki daya tahan tubuh lebih baik dibanding import. Benarkah demikian, monggo dibuktikan.
Naaah tinggal anda pertimbangkan, pilih mana ternak importkah atau lokal kah ?  Semuanya tergantung ke selera dan pendanaan.  Ada kebanggaan tersendiri saat anda beternak import. Tapi apakah beternak itu hanya melulu soal kebanggan atau nilai keekonomiannya, termasuk faktor resiko lainnya

Wassalam, terima kasih atas kunjungan, semoga bermanfaat…..

Tips ternak kenari bagi pemula
Published 19 August 2009 Pengalaman beternak kenari 556 Comments


Banyak email maupun sms yang minta dibahas mengenai proses ternak kenari dari awal sampai akhir. Disini   Saya mencoba membahas mengenai ternak kenari dari awal penjodohan sampai pembesaran anak kenari dengan sangat gambang dan sangat mendasar. Mungkin bagi senior-senior akan menjenuhkan tetapi saya piker akan sangat bermanfaat bagi pemula.


Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya. Adapun cirinya yaitu :



Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses  penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
Dijemur setiap pagi
Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.


Proses Ternak.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda  minta kawin.
Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu…………..


Cara beternak kenari
Cara beternak Kenari dan apa saja yang penting untuk diperhatikan biasa di share oleh para pelaku usaha dibidang ternak burung kenari kepada siapa saja yang membutuhkan. Hal ini sangat bagus bagi perkembangan dunia usaha dibidang peternakan kenari dan semakin luas memasyarakat nantinya. Cara beternak kenari dapat dipelajari dari mana saja. Saat ini telah banyak buku yang mebahas toppik tersebut dengan lengkap dan lugas, tidak seperti beberapa tahun lalu ketika kenari belum terlalu populer di Indonesia. Perkembangan dunia internet juga telah mendukung kemudahan dalam mendapatkan informasi. Beberapa blog dan website tentang cara beternak kenari telah banyak dibuat dan di[ublikasikan. Isinya lumayan lengkap dan terarah.

Anda peternak Kenari, ingin usaha anda lebih dikenal diseluruh Indonesia melalui online sekaligus membranding usaha ternak Anda agar punya added value dan makin dikenal sekaligus mengangkat pamor burung Kenari hasil ternakan Anda, segera promosikan dan perkenalkan usaha ternak Kenari dan penjualan burung Kenari indukan Anda secara online, … bagi Anda yang membutuhkan, website ini kami jual dengan  harga yang sangat murah untuk kategori website spesifik dan telah berada di posisi top ten pencarian di google, jika Anda berminat silahkan hubungi kami di 083869634343

Cara beternak kenari pada umumnya dapat dikatakan susah susah gampang. Jenis burung kenari yang sangat beragam serta karakter yang berbeda setiap jenis membuat peternak harus lebih jeli dan teliti. Semua pembelajaran cara beternak kenari harus dimulai dari saat menentukan tujuan. Dengan menentukan tujuan maka peternak akan dapat memilih jenis kenari apa yang akan mereka pelihara dan apa saja yang harus dipelajari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelah menentukan jenis kenari pilihanyang akan diternakkan, selanjutnya adalah mencari anakan atau indukan unggulan dari jenis tersebut. Perhatikan benar – benar bagaimana cara memilih indukan unggul karena akan memudahkan dalam perawatan. Mungkin bagi beberapa orang yang memelihara kenari untuk hobi atau para hobis, cara beternak kenari yang baik itu tidaklah sulit, karena burung kenari adalah salah satu burung yang telah lama hidup berdampingan dengan manusia. Namun beberapa orang masih merasakan kesulitan dan kerumitan dalam melakukannya, mungkin kendalanya adalah kurang mencintai kenari atau hanya bertujuan untuk profit semata.

Ketika melakuakn sesuatu dengan kecintaan maka kegiatan yang dilakukan tidak akan menjadi membosankan dan cepat jenuh. Mempelajari cara beternak kenari yang baik dan benar juga harus dilakukan dengan kecintaan terhadap burung kenari, disinilah peran penetapan tujuan beternak dirasakan. Jika tujuan hanya untuk mendapatkan anakan lalu dijual dengan untung, pengetahuan tentang cara beternak kenari pun hanya sampai di tengah jalan. Kemudian kegiatan yang dilakukan pun jadi monoton dan mengundang kejenuhan. Jika terjadi kerugian mereka akan mengatakan memelihara kenari adalah hal yanng sulit. Lain lagi jika tujuan beternak kenari adalah karena menyukai burung kenari, senang melihatnya berkembang dengan baik dan bangga ketika dapat menghasilkan anakan yang unggul, profit menjadi hal terakhir yang diinginkan. Dengan tujuan seperti ini maka mempelajari dan melakukan cara beternak kenari dengan baik akan menjadi kegiatan mengasyikkan yang dapat memberikan keuntungan tidak sedikit.
Tips Sukses Ternak Kenari
Peluang Usaha-oke.com


Tips Sukses Ternak Kenari
Kenari atau Serenius Canarius bukan burung asli dari Indonesia, namun berasal dari pulau Canary. Kenari banyak di kembangkan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Kenari yang banyak masuk ke Indonesia adalah kenari Holland dan Taiwan.

Karena banyaknya kenari hasil breeding indonesia mungkin sudah sepantasnya disebut kenari indonesia karena baik kenari Holland , Taiwan , American Singer dan lainnya bukanlah burung asli dari negara tersebut.

Banyak Orang yang mengatakan bahwa ternak kenari itu mudah, memang mudah bagi yang sudah terbiasa. Bagi pemula tentu semuanya harus di pelajari dengan seksama. Sebab tidak jarang orang yang ternak kenari mengalami beberapa kendala.

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Baiklah berikut ini adalah gambaran secara umum hal-hal yang harus di perhatikan dalam ternak kenari.

1. Kebersihan

Ini tidak berlaku hanya untuk ternak kenari saja. Tetapi ternak apa saja harus memperhatikan kebersihan sarang atau kandang. Salah satu kunci sukses ternak kenari adalah kebersihan. Kebersihan sarang, pakan, wadah pakan tempat minum dll semua harus di bersihkan setiap hari.

2. Pakan

Beri makanan suplemen yang bagus. Suplemen berfungsi sebagai penunjang stamina dan fitalitas burung. Suplemen yang baguis adalah yang mempunyai fungsi yang jelas. Jangan lupa perhatikan pula kadar dzat yang terkandung dalam suplemen tersebut. Suplemen banyak sekali macam dan manfaatnya. Ada suplemen yang khusus untuk merangsang suara, meningkatkan produktifitas telur, manjaga burung agar tidak setress dll.

3. Ukuran Kandang

Buat ukuran kandang yang sesuai denga ukuran kenari. Jadi semakin besar burung kenari maka semakin membutuhkan kandang yang luas. Adapun kandang untuk betina buat yang sedang. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

4. Kenyamanan

Ciptakan kenyamanan untuk kandang kenari. Misalnya hawa yang setabl tak terlalu panas juga tak terlalu dingin. tidak terlalu ribut (baik suara maupun aktivitas bergerak lainnya), tidak terlalu dingin, bersih dan aman dari gangguan hewan berbahaya lain seperti tikus, tokek, anjing, kucing, dll.

Burung Kenari Yang Biasa Di Kenali Di Indonesia.

Kenari Holland
Berdasarkan catatan literature kenari Holland  merupakan  crossing dari berbagai jenis kenari  yang  didatangkan dari Inggris, Jerman dan Belgia. Para penangkar Belanda secara konsisten mengcrossing kenari-kenari tersebut dengan kenari liar sehingga menghasilkan beberapa jenis kenari unggulan dan familier di Indonesia, seperti  ;  Norwich, Scoth fancy, Bolder fancy, London fancy, dan sebagainya. Kenari Holland merupakan  jenis kenari penyanyi dan petarung dan tidak digolongkan dalam jenis resmi kenari di dunia.  Istilah kenari Holland hanya dikenal di Indonesia, disebut demikian karena burung kenari ini langsung dimpor Belanda dan popular di Indonesia dengan istilah  Kenari Holland. Dikalangan penghobi kenari Holland merupakan jenis kenari andalan setelah di kawin silangan dengan kenari Yorkshir (Inggris) atau dengan Lizard (Jerman)  karena keturunannya memiliki  bentuk postur yang ideal, warna yang beragam,  variasi ketebalan dan volume suara tajam/keras yang bisa diandalkan dalam lomba-lomba.

Kenari Malang
Kondisi alam yang tepat membuat Malang berhasil menangkarkan kenari Holland secara masal.  Menjamurnya peternakan kenari di Malang membuat harga burung kenari hasil ternakan malang menjadi sangat murah.  Patut disayangkan,  guna menekan  harga yang murah  dengan perawatan dan gizi makanan yang minim sehingga berdampak pada kualitas  hasil penangkaran kenari Holland Malang menjadi  kurang baik dan rentan terhadap penyakit, seperti ;  kaki yang mudah bersisik, berjamur, postur yang kecil serta kualitas suaranya yang di bawah standard.  Namun demikian patut diacungkan jempol,  hasil penangkaran  masal kenari malang ini sudah merambah dan meramaikan  pasar-pasar burung di Indonesia  walaupun bukan strain baru tetapi  para penghobi menamainya dengan Istilah   Kenari Malang.

3 comments:

Agus said...

Blog yang informatif

obat tradisional stroke said...

thanks telah berbagi ilmu dalam memlihara/ternak burung kenari,,, mantap.

wawan noviadh said...

Thanks mas. Sangat bermanfaat sekali

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya

Post Baru