Tips Dagang / Usaha / Bisnis

12/27/2012

Untuk menjadi pedagang yang baik dan berhasil, ada beberapa tips yang dapat dijadikan panduan. Tipsnya cukup sederhana namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Tapi jika tidak ditindak lanjuti tips ini tidak akan berguna dan tidak memberi manfaat.

Adapun tips-tips itu antara lain:

- Pedagang harus menunjukkan kejujuran dan keikhlasan selagi
melaksakan perdagangan.

- Pedagang harus mewujudkan kepercayaan dan ikatan yang akrab dengan pelanggan, tidak peduli apakah dia pelanggan
lama atau baru, pelanggan besar atau kecil.

- Pedagang harus melayani para pelanggannya dengan baik karena mereka adalah bagian penting dari perdagangan.

- Pedagang tidak boleh menuruti perasaan dan kehendak sendiri.

- Pedagang harus mengikuti permintaan dan keperluan pelanggan.

- Pedagang harus selalu bermuka manis dan kaya senyum.

- Pedagang tidak boleh marah dan membentak pelanggan.

- Pedagang bukan tauke, karena bos yang sebenarnya adalah pelanggan.

- Pedagang tidak boleh sombong, angkuh dan congkak.

- Pedagang harus rajin bekerja dan mudah mengulurkan bantuan.

- Pedagang harus siap memberikan pelayanan tambahan dan dalam konteks perdagangan ritel, mengantar barang ke rumah pelanggan.

- Pedagang tidak boleh ragu-ragu menjawab segala pertanyaan orang banyak.

- Pedagang harus menunjukkan bahwa dia adalah orang yang serbatahu terutama dalam bidang yang berkaitan dengan perdagangannya.

- Pedagang harus memperhatikan apa yang terjadi di masyarakat
dan isu terkini.

- Pedagang harus memiliki kepekaan yang tinggi dan rasa simpati
yang mendalam pada pelanggannya.

- Pedagang harus menjadikan pelanggannya sahabat, bukan sebagai pembeli yang datang dan pergi.

- Pedagang tidak boleh pelit memberikan diskon, pujian dan penghargaan kepada pelanggan.

- Pedagang harus bangun pagi-pagi sekali dan membuka perdagangannya secepat mungkin.

- Pedagang harus memberikan pelayanan yang cepat, jangan membiarkan pelanggan menunggu.

- Pedagang harus mudah diajak bicara dan berunding.

- Pedagang tidak boleh bersikap suka berprasangka atau menghakimi para pelanggan.

- Pedagang harus selalu berpikiran terbuka dan positif.

- Pedagang tidak boleh reaktif dan terburu-buru.

- Pedagang harus menunjukkan ke pelanggan bahwa dia selalu sibuk.

- Pedagang tidak boleh tidur sewaktu menjalankan tugas
dagang.

- Pedagang harus berusaha menciptakan suasana ceria bukannya
menimbulkan kebosanan.

- Pedagang harus memastikan tempatnya penuh dengan barang,
jangan biarkan ada ruang kosong.

- Pedagang harus memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk
membuat pilihan.

- Pedagang jangan sekali-kali turut campur dan membuat keputusan untuk pelanggan, kecuali jika diminta.

- Pedagang harus membuat pelanggan merasa kehadiran mereka dielu-elukan.

- Pedagang tidak boleh berkata “tidak” kepada pelanggan.

- Pedagang harus berperan sebagai pedagang, bukannya orang yang suka mengumpat, berjudi dan minum arak.

- Pedagang harus belajar menggunakan uang dan meningkatkan kemahiran menabung.

- Pedagang harus selalu menyediakan uang receh sebagai uang kembalian bagi pelanggan.

- Pedagang tidak boleh menunjukkan kemewahannya di depan
pelanggan karena image bukan datang dari perhiasan, melainkan pelayanan yang diberikan.

- Pedagang jangan sekali-kali makan di depan pelanggan karena dianggap perbuatan yang tidak sopan.

- Pedagang harus menempel pengumuman jika tempatnya ditutup
untuk sementara waktu.

- Pedagang jangan mencari musuh karena tidak baik bagi perdagangan.

- Pedagang jangan terlalu suka dan kerap membicarakan mengenai keuntungan.

- Pedagang harus tahu membedakan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang.

- Pedagang tidak boleh terlalu yakin harus waspada dan berjaga-jaga.

- Pedagang sebaiknya tidak menjadikan tempat perdagangan sebagai tempat tinggal untuk keluarga bertandang dan menumpang makan.

- Pedagang harus menyimpan cadangan dan stok barang supaya
tidak terjadi kekurangan.

- Pedagang harus menepati janji dan menyelesaikan utang.

- Pedagang tidak akan rugi jika memberikan sedikit insentif kepada
pelanggan dalam bentuk potongan harga, hadiah, atau menambah berat barang yang dibeli oleh mereka.

- Pedagang tidak boleh menipu karena kepercayaan menjadi
dasar utama dalam perdagangan.

- Pedagang tidak boleh menyalahkan orang lain jika terjadi kerugian dan kecelakaan. Semua harus diterima dengan hati teguh.

- Pedagang harus mewujudkan situasi win-win antara dirinya dan
pelanggan. Dengan begitu, hubungan mereka akan kekal dan perdagangan akan dapat bertahan.

---
http://www.facebook.com/pages/Motivasi-dan-Inspirasi-Sukses-/145995508791387





0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya