Tips Dagang / Usaha / Bisnis

12/27/2012

Untuk menjadi pedagang yang baik dan berhasil, ada beberapa tips yang dapat dijadikan panduan. Tipsnya cukup sederhana namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Tapi jika tidak ditindak lanjuti tips ini tidak akan berguna dan tidak memberi manfaat.

Adapun tips-tips itu antara lain:

- Pedagang harus menunjukkan kejujuran dan keikhlasan selagi
melaksakan perdagangan.

- Pedagang harus mewujudkan kepercayaan dan ikatan yang akrab dengan pelanggan, tidak peduli apakah dia pelanggan
lama atau baru, pelanggan besar atau kecil.

- Pedagang harus melayani para pelanggannya dengan baik karena mereka adalah bagian penting dari perdagangan.

- Pedagang tidak boleh menuruti perasaan dan kehendak sendiri.

- Pedagang harus mengikuti permintaan dan keperluan pelanggan.

- Pedagang harus selalu bermuka manis dan kaya senyum.

- Pedagang tidak boleh marah dan membentak pelanggan.

- Pedagang bukan tauke, karena bos yang sebenarnya adalah pelanggan.

- Pedagang tidak boleh sombong, angkuh dan congkak.

- Pedagang harus rajin bekerja dan mudah mengulurkan bantuan.

- Pedagang harus siap memberikan pelayanan tambahan dan dalam konteks perdagangan ritel, mengantar barang ke rumah pelanggan.

- Pedagang tidak boleh ragu-ragu menjawab segala pertanyaan orang banyak.

- Pedagang harus menunjukkan bahwa dia adalah orang yang serbatahu terutama dalam bidang yang berkaitan dengan perdagangannya.

- Pedagang harus memperhatikan apa yang terjadi di masyarakat
dan isu terkini.

- Pedagang harus memiliki kepekaan yang tinggi dan rasa simpati
yang mendalam pada pelanggannya.

- Pedagang harus menjadikan pelanggannya sahabat, bukan sebagai pembeli yang datang dan pergi.

- Pedagang tidak boleh pelit memberikan diskon, pujian dan penghargaan kepada pelanggan.

- Pedagang harus bangun pagi-pagi sekali dan membuka perdagangannya secepat mungkin.

- Pedagang harus memberikan pelayanan yang cepat, jangan membiarkan pelanggan menunggu.

- Pedagang harus mudah diajak bicara dan berunding.

- Pedagang tidak boleh bersikap suka berprasangka atau menghakimi para pelanggan.

- Pedagang harus selalu berpikiran terbuka dan positif.

- Pedagang tidak boleh reaktif dan terburu-buru.

- Pedagang harus menunjukkan ke pelanggan bahwa dia selalu sibuk.

- Pedagang tidak boleh tidur sewaktu menjalankan tugas
dagang.

- Pedagang harus berusaha menciptakan suasana ceria bukannya
menimbulkan kebosanan.

- Pedagang harus memastikan tempatnya penuh dengan barang,
jangan biarkan ada ruang kosong.

- Pedagang harus memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk
membuat pilihan.

- Pedagang jangan sekali-kali turut campur dan membuat keputusan untuk pelanggan, kecuali jika diminta.

- Pedagang harus membuat pelanggan merasa kehadiran mereka dielu-elukan.

- Pedagang tidak boleh berkata “tidak” kepada pelanggan.

- Pedagang harus berperan sebagai pedagang, bukannya orang yang suka mengumpat, berjudi dan minum arak.

- Pedagang harus belajar menggunakan uang dan meningkatkan kemahiran menabung.

- Pedagang harus selalu menyediakan uang receh sebagai uang kembalian bagi pelanggan.

- Pedagang tidak boleh menunjukkan kemewahannya di depan
pelanggan karena image bukan datang dari perhiasan, melainkan pelayanan yang diberikan.

- Pedagang jangan sekali-kali makan di depan pelanggan karena dianggap perbuatan yang tidak sopan.

- Pedagang harus menempel pengumuman jika tempatnya ditutup
untuk sementara waktu.

- Pedagang jangan mencari musuh karena tidak baik bagi perdagangan.

- Pedagang jangan terlalu suka dan kerap membicarakan mengenai keuntungan.

- Pedagang harus tahu membedakan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang.

- Pedagang tidak boleh terlalu yakin harus waspada dan berjaga-jaga.

- Pedagang sebaiknya tidak menjadikan tempat perdagangan sebagai tempat tinggal untuk keluarga bertandang dan menumpang makan.

- Pedagang harus menyimpan cadangan dan stok barang supaya
tidak terjadi kekurangan.

- Pedagang harus menepati janji dan menyelesaikan utang.

- Pedagang tidak akan rugi jika memberikan sedikit insentif kepada
pelanggan dalam bentuk potongan harga, hadiah, atau menambah berat barang yang dibeli oleh mereka.

- Pedagang tidak boleh menipu karena kepercayaan menjadi
dasar utama dalam perdagangan.

- Pedagang tidak boleh menyalahkan orang lain jika terjadi kerugian dan kecelakaan. Semua harus diterima dengan hati teguh.

- Pedagang harus mewujudkan situasi win-win antara dirinya dan
pelanggan. Dengan begitu, hubungan mereka akan kekal dan perdagangan akan dapat bertahan.

---
http://www.facebook.com/pages/Motivasi-dan-Inspirasi-Sukses-/145995508791387





1 comments:

iwan01 said...

SELAMAT Menjalankan Ibadah Puasa di TAHUN BARU 2014..
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya